Ilmu dan Teknologi Kelautan

Pengolahan data angin (Step 1) - ODV



Ocean Data View (ODV)
Kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara mengolah data angin. Pada postingan sebelunya kita sudah mengerti mengenai bagaimana cara mendownload data meteorologi termasuk angin dari (European Centre for Medium-Range Weather Forecasts) ECMWF. Setelah data angin di dapat, langkah pertama adalah mengeksport data tersebut. Software pertama yang digunakan untuk proses ini adalah ODV. Buka data hasil download yang berekstensi netCDF File (*.nc).

Pilih semua komponen yang berada pada bagian Coordinates mulai dari longitude, latitude, dan time kemudian Next.


Pada bagian Corresponding Variabel  akan muncul variabel sesuai dengan variabel yang telah kita pilih tadi, untuk tahap selanjutnya pilih Next maka akan muncul lagi kotak dialog baru, pada tahap ini pilih Use Decimal Date / Time (Header), Next.


Setelah melewati beberapa tahap maka akan sampai pada kotak dialog Finish, maka Tampilan peta (tergantung area yang dipilih) dengan titik-titik stasiun akan tampil pada layar ODV. Kita dapat memilih lagi stasiun tertentu dengan mengklik Zoom  sehingga muncul bingkai garis merah persegi yang dapat di resize ukurannya.


Agar titik-titik stasiun dapat terlihat jelas, maka kita bisa memperbesar ukurannya dengan klik kanan > Display Option (Ctrl+D) > Station Dot > ubah Dot Size.


Setelah titik-titik stasiun terlihat jelas selanjutnya penentuan stasiun yang akan diamati, penentuan stasiun dulakukan dengan cara meng crop wilayah melalui menu Zoom  sehingga muncul bingkai garis merah persegi yang dapat di resize ukurannya.


Untuk melihat keseluruhan data dari stasiun tersebut, maka klik menu Export pilih ODV Spreadsheet. Kemudian save, dan data out put akan berekstensi (*.txt).


Klik OK, ini berarti 1 stasiun telah berhasil di eksport kedalam suatu file berekstensi (*.txt). Data tersebut dapat dibuka di Microsoft Excel dan didalamnya akan nampak data komponen angin (U dan V) dalam satuan m/s, koordinat longitude dan latitude, waktu, nama stasiun dsb.
Pengolahan data angin (Step 1) - ODV categorized : Oceanography
No comment Add a comment

Komentar dari Anda akan sangat saya hargai.

Cancel Reply
GetID