Ilmu dan Teknologi Kelautan

Deteksi Dasar Perairan dengan Metode Hidroakustik

Pada dasarnya pemantauan hidroakustik didasarkan pada prinsip yang sederhana.  Gelombang suara dipancarkan melalui sebuah alat yang menghasilkan energi suara (tranducer) pada kolom perairan ataupun dasar perairan yang sebelumnya diubah dari energi elektrik menjadi energi meknik. Kecepatan energi suara di perairan mencapai 1500 m/s, ketika energi tersebut mengenai suatu target maka akan dikembalikan dalam bentuk echo, echo akan kembali ke receiver.  Nilai hamburan balik yang diterima oleh alat dan kemudian akan dikirimkan ke perangkat  output yang sebelumnya telah diubah dari energi mekanik ke energi elektrik, selanjutnya akan diolah dan menghasilkan suatu visualisasi yang dapat diinterpretasikan.

Pengolahan Data untuk Klasifikasi Dasar Perairan

Gambar 1. Diagram Alir Klasifikasi Dasar Perairan dengan Metode Hidroakustik

Analisis Data Akustik
Data akustik dalam bentuk echogram, diolah dan dianalisis menggunakan software Echoview 4.0. Proses analisis dapat dilihat pada Gambar 1.   Penganalisaan parameter echo dasar perairan digunakan guna melakukan penyaringan data dan pengambilan nilai rata-rata parameter echo dasar perairan di atas sejumlah ping. Hal ini karena parameter echo dasar perairan bervariasi secara luas dari ping ke ping. Dengan menggunakan software Echoview 4.0 maka akan dilakukan analisis terhadap parameter echo tersebut, sehingga dalam hal ini akan menghasilkan dua variabel yang akan menggambarkan karakteristik dari sinyal dasar perairan yaitu :
1.    Energy of the 1st bottom echo (E1)
2.    Energy of the 2nd bottom echo (E2)
Nilai E1 dan E2 ini dapat memperlihatkan jenis / tipe sedimen yang terdapat di suatu perairan dimana besar kedua nilai maka jenis sedimen pada suatu perairan sebagian besar berupa substrat keras dan sebagian besar memiliki kenampakan megaskopis.
Berikut ini adalah klasifikasi berbagai jenis substrat dasar berdasarkan E1 dan E2.

Gambar 2. Klasifikasi Berbagai Jenis Substrat Dasar Berdasarkan E1 dan E2


Deteksi Dasar Perairan dengan Metode Hidroakustik categorized : Marine Technology
No comment Add a comment

Komentar dari Anda akan sangat saya hargai.

Cancel Reply
GetID